Workshop dan Bimtek Pengelolaan PD DIKTI

Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia, menyelenggarakan Workshop dan Bimbingan Teknis tentang pengembangan Pelaporan PDDIKTI secara daring via Zoom Meeting yang diselenggarkaan Hari Sabtu, tanggal 27 November 2021.

Hadir dalam kesempatan tersebut Franova Herdiyanto, S.Kom, M.T.I dari Pusdatin RISTEKDIKTI KEMDIKBUD RI beliau  menyampaikan tentang “Domain Pendataan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi”. Pesertra workshop di lingkungan IBISA (Institut teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa indonesia) antara lain, Ketua Yayasan Bhakti Putra Bangsa Purworejo, Rektor, Wakil Rektor, Kaprodi, Kabag serta Dosen.

Dalam kesempatan tersebut, Franova menyampaikan bahwa PDDIKTI mempunyai peranan sangat penting, karena data yang ada terintegrasi secara nasional dan menunjang dan mendukung sistem penjaminan mutu. PDDIKTI menjadi sumber untuk mensuplai data ke BAN-PT. Data-data yang disuplay antara lain data kuantitatif untuk pengisian borang yang bisa disuplay PDDIKTI, antara lain jumlah mahasiswa dan dosen.

PDDIKTI merupakan tulang punggung yang akan dipakai bersama. PDDIKTI saat ini juga sedang dilakukan roadmap pembagian PDDIKTI antara lain Pengumpulan Data, Pengolahan Data dan Penyajian Data.

Pengumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi dilakukan dengan pengisian instrument aplikasi PDDIKTI feeder. Pengolahan data antara lain : proses verifikasi kelengkapan data, proses validasi validitas data, proses pengolahan data menjadi informasi. Penyajian data meliputi Penerbitan data informasi statistic penyelenggaraan pendidikan tinggi, sosialisasi dan diseminasi serta Online Publication.

Untuk masalah kebijakan pelaporan data seperti telah diketahui, sekarang ini telah menggunakan fresh installer terbaru PD DIKTI V3.2 (WINDOWS & Linux) dan sudah menggunakan patch terbaru  PDDIKTI v4.1 (Windows & Linux) dan PT wajib memakai Feeder tersebut, tidak boleh melaporkan dengan selain Feeder. Seperti tercantum dalam pasal 22 Permenristekdikti No. 61/2016, pelaporan tersebut melalui mekanisme sinkronisasi.

Setiap PT mempunyai kewajiban mengumpulkan data mulai semester dalam kalender akademik. Untuk pelaporan, semester ganjil batas waktunya 30 April, sementara semester genap berakhir 30 Oktober, hal tersebut sudah tercantum dalam SK Sekjen. Tetapi tidak ada menutup kemungkinan perpanjangan karena ada hal tertentu misal maintenance.

PDDIKTI juga bekerjasama dengan Dinas DUKCAPIL, antara lain klausul tentang pemanfaatan data kependudukan Data yang dapat digunakan antara lain nomor KK dan NIK, nama ibu. NISN juga menjadi prasyarat penting dalam rangka validitas profil calon mahasiswa pddikti feeder

Sebagai persyaratan akreditasi, tiap prodi wajib ada 5 orang dosen ber NIDN. Untuk saat ini, Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia masih dalam proses migrasi oleh kemdikbud Ristek Dikti, sehingga setelah migrasi selesai diharapkan sesegera mungkin untuk pengajuan NIDN untuk dosen Prodi baru S-1 Informatika, S-1 Sains Data dan S-1 Bisnis Digital.

Franova menyampaikan pentingnya Web Service perguruan tinggi dalam rangka menciptakan akuntabilitas data pelaporan PD DIKTI antara lain tentang Layanan Integrasi data, layanan penyajian data dan informasi. Salah satu tujuan PDDIKTI adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kinerja serta data profil perguruan tinggi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
IBISA Official
Terimakasih sudah berkunjung, informasi lebih lanjut silahkan KIRIM PESAN melalui WA resmi kami.